Mengatasi PIHC WCM Lemot !

mengatasi PIHC-WCM lemot wayterinfo

PIHC-WCM Sistem Informasi Pupuk Subsidi

Sistem ini sangat membantu untuk membuat sebuah laporan penyaluran pupuk bersubsidi, dari Produsen ke Distributor, dan dengan Sistem ini semua proses penyaluran, penebusan, hingga laporan menjadi lebih mudah, terarah dan benar. Denagn fitur-fitur didalam-nya dan menu yang mudah dimengerti, membuat Sistem ini sangat handal. Namun ketika banyak user (pengguna) sedang menggunakan Sistem ini secara serentak terkadang WCM menjadi Lemot dan pasti membuat kesal. Nah ada beberapa cara yang dapat membantu agar WCM menjadi TIDAK TERLALU LEMOT.

Faktor penyebab sistem menjadi lemot

Beberapa faktor penyebab WCM menjadi lemot diantaranya :

1. Jumlah pengguna yang mengakses server WCM.
Jumlah pengguna dalam sebuah server sangatlah berpengaruh pada kecepatan akses sebuah sistem. analoginya : Sebuah truk bermuatan lebihih berat akan membuat truk tersebut berjalan pelan, begitu sebaliknya jika muatannya lebih ringan maka jalannya akan semakin cepat, begitu juga dengan kecepatan sebuah server. dengan server yang menampung begitu banyak pengguna, down-time lebih mungkin terjadi. Sistem juga bisa jadi lebih lemot.

2. Aktivitas dalam Sebuah Server.
Aktivitas yang terjadi pada sebuah server akan mempengaruhi sistem yang menggunakan server yang sama. Contoh, Server yang digunakan WCM sama dengan Server yang digunakan SIP3, ketika SIP3 sedang banyak yang menggunakan makan WCM juga akan terganggu karna Server yang digunakan sama.

3.Koneksi Internet yang digunakan.
Jika koneksi internet yang digunakan sedang gangguan atau lemot, sudah pasti akan lemot juga ketika mengakses WCM atau sistem lainnya.

Cara mempercepat loading WCM


Sebelum mengetahui caranya, berikut hasil analisis kecepatan Sistem WCM menurut Google PageSpeed :

mengatasi PIHC-WCM lemot wayterinfo
Kecepatan akses persi mobile.

mengatasi PIHC-WCM lemot wayterinfo
Kecepatan akses persi desktop.

Dari analisi kecepatan akses diatas WCM masuk peringkat rata-rata, jadi tidak cepat dan tidak lambat. BUKAN BERARTI STABIL ! hal ini yang menyebabkan WCM jadi lemot ketika diakses secara serentak oleh pengguna. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mempercepat loading WCM diantaranya : 

1. Buka tab baru
Membuaka tab baru adalah hal yang dapat dilakukan ketika akan login ke sistem. Ketika akan login ke sistem dan proses tersebut lambat, maka buka tab baru dan login ulang tanpa menutup tab sebelumnya. Hal ini berfungsi untuk meminta ke sistem secara berkala hingga sistem menjalankan permintaan pengguna tersebut lebih dahulu.

2. Selalu gunakan open link new tab
Open link new tab adalah membuka tab baru ketika akan membuka sebuah menu atau link tanpa merubah tampilan tab yang sedang di jalankan. Selalu gunakan Open link new tab ketika akan membuak menu di WCM, Contoh : tampilan tab awal berada di menu Penyaluran DO, ketika akan membuak menu Monitoring Order klik kanan lalu klik Open link new tab agar tampilan tab awal tetap di menu Penyaluran DO. Hal ini bertujuan jika akan menggunakan menu sebelumnya tidak lagi mengalami loading.

3. Gunakan browser yang ringan
Browser yang ringan juga dapat mempercepat akses sitem. Maksud browser yang ringan adalah browser yang memiliki akun, history, plugin, dan bookmark yang sedikit.

4. Hapus cache dan history
Langkah ini bertujuan untuk mempercepat komputer melakukan perintah, jika ceche dan history sedikit atau kosong maka kecepatan mengakses sistem pun semakin cepat.

Semoga membantu dalam proses pembuatan laporan bulanan ^ _ ^

Comments