Membuka Aplikasi Microsoft Power Point
Aplikasi Microsoft Power Point merupakan bagian dalam Microsoft Office, untuk instalasi aplikasi ini sudah menjadi satu paket dengan Microsoft Office. Dengan aplikasi Microsoft Power Point memungkinkan user untuk membuat suatu presentasi, mengolahnya menjadi presentasi yang menarik serta dapat menggunakan presentasi tersebut. Untuk menggunakan aplikasi Microsoft Power Point, terdapat beberapa cara untuk dapat membuka aplikasi tersebut, yaitu :
Pada menu Taskbar yang terdapat di desktop, klik Start → All Programs → Microsoft Office → Microsoft Power Point.
Setelah itu, akan tampak tampilan awal aplikasi Microsoft Power Point sebagai
berikut :
Tampilan awal Microsoft Power Point terdiri dari tiga area utama, yaitu :
1. Task Pane di sebelah kiri layar
Outline task pane : memuat outline atau isi dari tiap
2. Slide task pane : memuat urutan slide presentasi.
Halaman putih yang merupakan slide presentasi.
3. Task Pane di sebelah kanan layar, yang pada tampilan awal memuat Getting
Started Microsoft Power Point. Pada task pane tersebut terdapat daftar menu
yang dapat dipilih, sehingga
Seperti yang terlihat pada gambar, interface Microsoft Power Point pada
dasarnya hampir sama dengan aplikasi office lainnya, yaitu memuat komponen
sebagai berikut :
1. Title Bar : Menunjukkan nama aplikasi yaitu Microsoft Power Point, beserta
nama file yang sedang dibuka.
2. Maximize : Membuat tampilan aplikasi memenuhi layar.
3. Minimize : Mengecilkan tampilan aplikasi pada layar .
4. Menu Bar : Terdiri dari daftar menu-menu yang memuat perintah-perintah
yang dapat djalankan pada aplikasi MsPower Point, dan setiap menu
memiliki sub-sub menu dengan perintah yang berbeda-beda.
5. Standard Toolbar : Terdiri dari daftar shortcut yang juga terdapat pada menu.
6. Formatting Toolbar : Terdiri dari daftar shortcut yang merupakan perintah
untuk melakukan format terhadap dokumen presentasi, baik data maupun
tampilan.
7. Drawing Toolbar : Terdiri dari daftar shortcut yang merupakan perintah untuk
melakukan penggambaran pada dokumen.
8. View : User dapat melakukan pilihan untuk menampilkan dokumen dalam
bentuk tampilan yang berbeda-beda.
9. Status bar : Menunjukkan nomor slide presentasi yang sedang aktif atau
dalam keadaan terbuka, jumlah slide serta jenis rancangan presentasi
(design) yang digunakan pada suatu dokumen presentasi.
Menu Bar
Menu Bar terdiri atas daftar menu-menu yang merupakan perintah yang dapat
dijalankan. Setiap menu terdiri atas beberapa submenu yang dapat dipilih
dengan mengklik submenu tersebut. Ketika mengklik suatu menu dan tidak
semua submenu ditampilkan, maka klik tanda panah yang terdapat di bagian bawah dari daftar submenu tersebut, maka perpanjangan menu akan
ditampilkan, menu akan menampilkan semua submenu yang ada.
Shortcut Menu
Microsoft Power Point juga dilengkapi dengan Shortcut Menu yang
mempermudah user untuk memilih perintah yang ingin dilakukan tanpa harus
mencari dimana lokasi menu perintah yang diinginkan tersebut berada. Untuk
menampilkan Shortcut Menu ini adalah dengan mengklik kanan pada halaman
presentasi yang sedang dikerjakan.
1. Cut : untuk menyalin objek dan sekaligus menghapus objek yang disalin
2. Copy : untuk menyalin objek tanpa harus menghapus objek yang disalin
3. Paste : untuk memindahkan objek yang disalin pada posisi yang dituju
4. Ruler : untuk menampilkan garis sebagai petunjuk ukuran pengetikan yang
berada di atas dan samping kiri slide
5. Grid and Guides : untuk menampilkan grid dan garis petunjuk pada slide
6. Slide Design : untuk menampilkan template, warna maupun animasi yang
akan digunakan
7. Slide Layout : untuk menampilkan format tampilan text maupun isi dari slide
8. Background : untuk mengatur model background yang akan digunakan pada
slide
9. Slide Transition : untuk mengatur transisi pada naskah maupun slide
Toolbar
Toolbar adalah daftar shortcut yang berguna untuk mempermudah user dalam
melakukan pekerjaannya sehubungan dengan dokumen presentasi yang sedang dikerjakan. Cara menggunakan salah satu dari shortcut yang ada pada toolbar
adalah dengan mengklik pada gambar iconnya
Standard Toolbar berikut beberapa shortcut yang terdapat pada suatu Standard
Toolbar :
1. New : memulai membuat dokumen presentasi baru.
2. Open : membuka suatu dokumen presentasi.
3. Save : menyimpan dokumen presentasi.
4. E-mail : mengirim dokumen presentasi melalui e-mail.
5. Print : mencetak dokumen.
6. Print Preview : melihat tampilan dokumen pada kertas sebelum dicetak.
7. Spelling and Grammar : memeriksa ejaan dan tata bahasa teks pada suatu
dokumen.
8. Research : melakukan pencarian kata pada dokumen.
9. Cut : memindahkan teks (copy teks dan sekaligus menghapus).
10. Copy : menggandakan teks.
11. Paste : menyalin teks yang telah di-copy atau di-cut.
12. Format Painter : melakukan format terhadap suatu teks dengan menyalin
format dari teks lain dengan menggunakan painter.
13. Undo : membatalkan suatu efek yang dibuat terhadap teks.
14. Redo : mengulang kembali suatu efek pada teks, yang tadi telah dibatalkan.
15. Insert Chart : menyisipkan grafik pada dokumen presentasi.
16. Insert Table : menyisipkan tabel pada dokumen presentasi.
17. Tables and Borders : memberikan garis / pinggiran (border) pada tabel.
18. Insert Hyperlink : menyisipkan alamat suatu web site atau web page untuk
link dari dokumen tersebut.
19. Show Formatting : menampilkan format dari teks.
20. Show / Hide Grid : menampilkan garis-garis (grid) pada dokumen untuk
membantu user mnegatur posisi objek pada dokumen presentasi tersebut.
21. Color / Grayscale : menentukan format teks berwarna atau abu-abu.
22. Sum : melakukan perhitungan dengan menggunakan rumus, baik
penjumlahan (sum), mencari rata-rata (average), nilai maksimum (max) dan
lain sebagainya.
23. Microsoft Power Point Help : memberikan dokumentasi bantuan bagi user
yang mengalami kesulitan dalam menggunakan Microsoft Power Point.
Formatting Toolbar berikut beberapa shortcut yang terdapat pada suatu Formatting
Toolbar :
1. Font : menentukan jenis huruf.
2. Font Size : menentukan ukuran huruf.
3. Bold : memberikan efek tebal pada huruf.
4. Italic : memberikan efek miring pada huruf.
5. Underline : memberikan efek garis bawah pada huruf.
6. Shadow : memberikan bayangan pada teks.
7. Align left : format teks rata kiri pada halaman.
8. Center : format teks rata tengah pada halaman.
9. Align Right : format teks rata kanan pada halaman.
10. Numbering : membuat daftar angka.
11. Bullets : membuat daftar kalimat dengan menggunakan bullets.
12. Increase Font Size : menambah ukuran teks.
13. Decrease Font Size : mengurangi ukuran teks.
14. Decrease Indent : mengurangi kedalaman posisi teks (ke kiri).
15. Increase Indent : menambah kedalaman posisi teks (ke kanan).
16. Font Color : memberikan warna pada teks.
17. Design : mengatur design suatu presentasi meliputi template, warna dan
animasi.
18. New Slide : membuat slide presentasi baru.
Comments
Post a Comment