Tutorial appybuilder

Tutorial appybuilder wayterinfo


Tutorial Appybuilder "Pengenalan"

Tentang appybuilder

Membuat aplikasi android menggunakan appybuilder dapat memberikan kemudahan karena sistem yang digunakan adalah drag and drop jadi pengguna tidak perlu menggunakan kode-kode program untuk membuat sebuah aplikasi. Ada dua program yang serupa dengan appybuilder yaitu app inventor dan thunkable, perbedaan dari tiga program ini terdapat pada interface nya saja untuk fungsi dan cara penggunaan nya semuanya sama hampir tidak ada yang berbeda. Tergantung anda ingin membuat aplikasi mengunakan program yang mana?

Akses appybuilder

Untuk masuk ke program appybuilder anda tinggal mengetik "appybuilder" pada kolom pencarian di browser lalu masuk ke website nya yang terdapat diurutan paling atas, lalu pilih menu "build now" dan login atau daftar "untuk proses daftar akun tinggal mengisi formulir pendaftaran" Jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut :

Tutorial appybuilder wayterinfo

Mengenal menu pada tampilan utama

Pada kolom atas terdapat empat menu : "Projects, Test, Build, dan Help"

Menu Projects
Pada menu ini ada beberapa sub menu yang sering dipakai :
1. My projects
untuk melihat semua projek yang telah dibuat
2. Start new projects
untuk membuat projek ( aplikasi ) baru
3. Import projects (aia) from my computer
untuk memasukan projek yang terdapat pada penyimpanan komputer kedalam akun appybuilder "aia adalah bentuk format projrk aplikasi yang dapat dibaca oleh appybuilder"
4. Export all projek
untuk memnyimpan semua projek didalam akun appybuilder kedalam tempat penyimpanan komputer

Test
1. Live testing
berfungsi untuk melihat secara langsung progres pada aplikasi yang kita buat dengan menggunakan jaringan wifi sebagai penghubung antara komputer dengan perangkat mobile
2. USB
fungsi dari sub menu ini sama dengan live testing namun menggunakan perantara USB sebagai penghubung antar perangkat
3. Reset connection
meriset koneksi antar perangkat ketika ada gangguan 

Build
Membangun sebuah aplikasi yang kita buat dari format aia menjadi apk yang bisa diinstal pada perangkat android "proses pembangunan bisa mengunakan QR code atau menyimpan pada komputer" 

Help
Berisikan bantuan jika ada sebuah pertanyaan 

Untuk mempermudah melihat progres aplikasi yang sedang dibuat instal appyBuilder Gold di perangkat mobile anda yang bisa di download di play store, aplikasi ini bisa membantu melihat progres aplikasi secara real time

Membuat aplikasi hello world

Klik "Start new project" lalu berinama aplikasi dengan "helloworld". Maka akan muncul halaman build aplikasi. Kuranglebih tampilan seperti ini :

Tutorial appybuilder wayterinfo

1. Pilih "Label" pada kolom "user interface" lalu ubah "text" pada kolom "poperties" menjadi "hello world" ubah juga "fontsize" jika akan mengubah ukuran font.
2. Pilih "Screen1" pada kolom "components" lalu pilih "sizing" ubah "fixed" menjadi "responsive". Jika ingin memberi icon pada aplikasi pilih "icon" pada kolom "components" lalu "upload file" jika belum ada gambar icon.
3. Pilih menu "Build" pada kolom atas lalu klik "APP (Save apk to my computer)" jika ingin disimpan di penyimpanan komputer
4. Buka tempat penyimpanan pada komputer lalu copy aplikasi yang telah dibuat ke perangkat mobile dan coba instal.

Tutorial appybuilder wayterinfo


Comments