Dengan software ini membuat game jadi mudah

Software pembuat game wayterinfo

Software Pembuat Game

Membuat game tapi kurang ngerti bahasa pemrograman itu bukan masalah lagi ! banyak software yang sangat mudah digunakan untuk membuat gamen meski tanpa bahasa pemrograman sekalipin, berikut beberapa software nya :

Software untuk pemula

Stencyl
Dengan konsep drag and drop dan dapat diekspor ke versi Windows, Mac, Linux, iOS, Android, dan Flash. membuat hasil game ciptaan dapat dimainkan dengan mudah. Stencyl lebih banyak digunakan membuat game puzzle dan side-scroller. Contoh game yang dibuat dengan software ini adalah Impossible Pixel dan Zuki’s Quest.

Game Maker
Selain gratis Game Maker juga mudah digunakan untuk membuat sebuah game yang dijalankan di Windows, Mac, iOS, dan Android. Konsep pembuatan game juga menggunakan drag and drop sapa seperti Stencyl , fitur keren dari GameMaker adalah menyediakan hooks yang berguna untuk membuat sebuah game multi player, menghubungkan SDK eksternal. Contoh game yang dibuat dengan software ini adalah Spelunky dan Hotline Miami.

Construct 2
Construct 2 adalah software pembuat game enginnering, untuk menggunakan software ini harus memahami sedikit bahs HTML 5, Game yang dihasilkan hanya untuk single platform yaitu berbasis web namun jika ingin multi platform misal bisa di jalankan di PC, Windows, MAC atau yang lain dapat menggunakan software pendukung yaitu Node-Webkit, jika ingin dijalankan di IOS atau Android dapat menggunakan CocoonJS, AppMobi, atau PhoneGap.

RPG MAKER
Software ini dikhususkan membuat game jenis  RPG (Role Playing Game). Dengan beragam fitur yang keren RPG Maker sangat mempermudah dalam membuat sebuah alur cerita, kondisi, level player bahkan boss. Versi terbaru yaitu RPG Maker MV dapat membuild hasil game ke banyak platform seoerti PC, IOS, Android dan lainnya. Bahasa pemrograman yang digunakan adalah Javascript namun dikemas dalam bentuk GUI jadi tinggal klik-klik sesuai keinginan.

Cocos2D
Software ini banyak sekali versi daintaranya Cocos2D, Cocos2D-X, Cocos2D-JS dan lainnya. Bahasa pemrograman yang digunakan juga berbeda-beda tergantung versi mana yang digunakan, namun jika menggunakan Cocos2D baha yang digunakan adalah Python.

Game Salad
GameSalad bersifat multiplatform, seperti PC, IOS, Android, Windows Phine dan lannya. fitur yang dipakai adalah Drag and Drop, menjadi mudah untuk digunakan selain itu juga UI nya sangat mudah dimengerti, jadi tidak masalah jika tidak mengerti bahasa pemrograman dengan software ini tetap bisa membuat sebuah game.

Monogame
Software ini bersifat multiplatform, platform yang dapat digunakan untuk menjalankan hasil game ini diantaranya : Android, IOS, PC, Mac, Play Station dan lannya. Game yang dibuat bisa berupa 2D atau 3D, Bahasa pemrograman yang digunakan adalah bahasa C#, meski tidak terlalu familiar denganbahasa C# namun bahasa dari keluarga C samasaja. Jadi jika mengerti bahas C++ atau yanglannya, pasti bisa menggunakan software ini.

Software untuk ahli

Meski software ini ditujukan untuk para developers yang mahir dan ahli, namun bagi pemula juga bisa membuat game dengan software ini. Meski yang dihasilkan sederhana, namun akan seru juga untuk dimainkan. 

Unity
Siapa yang tidak pernah mendengar atau membaca tulisan "Unity", banyak sekali game yang dibuat dengan Software ini. Unity bersifat multiplatform dari hanya membuat game 3D, namun dengan versi  4.3 keatas Unity bisa membuat game berbasis 2D. Bahasa pemrograma yang dipakai adalah  C# atau Javascript, jadi jika tidak mengerti bahasa C# bisa menggunakan bahasa Javascript. Tapi jika tidak bisa dua-duanya bagaimana ? tenang Unity juga terdapat fitur drag and drop dan pengaturan property inspector, jadi masih bisa membuat sebuah game Open Word meski sederhana.

Unreal
Software ini menyediakan semua fitur dan alat yang dibutuhkan untuk menciptakan sebuah game. Dengan fitur dan alat yang banyak, untuk memahami Software ini mungkin akan memerlukan waktu yang agak lama. Bahasa yang digunakan Software ini adalah bahas C++. Bagi yang pernah bermain Tekken 7, itu adalah salah satu contoh game yang dihasilkan Software ini.

Tergantung kamu ingin menggunakan yang mana, yang jelas gunakan Software yang sesuai dengan game yang akan dibuat. ^_^ 

Comments