Mengenal teknologi Internet of Things atau IOT dan komponennya

Internet of Things atau IOT  mempunyai tujuan untuk memperluas dan mengembangkan manfaat dari konektivitas internet.  IOT selalu memproses kepada benda yang bisa diidentifikasi pada struktur jaringan internet. IOT mulai di kembangkan pada tahun 1999-an oleh seseorang yang bernama Kevin Ashton. IOT  memiliki banyak sekali kemampuan diantaranya kemampuan untuk remote sebuah teknologi, robotic, pengembangan perangkat dalam dunia industri, dan masih banyaklagi.

Selain itu IOT juga memungkinkan pengguna-naya  untuk mengoptimalisasi serta mengelola rangkaian elektronika. IOT mulai dikembangkan dan diteliti lebih lanjut  padasaat berkembang pesatnya media komunikasi dan internet. Secara ringkas IOT bias dikatakan sebuah benda yang mempunyai kemampuan untuk  berkomunikasi antara satu dengan yang lain melalui sebuah piranti yaitu jaringan internet, Bluetooth, Infrared, dan sensor pergerakan.

Beberapa contoh penerapan teknologi IOT pada kehidupan sehari-hari 
1. Colokan listrik pintar, yang dapat mematikan daya listrik menggunakan Smartphone
2. Garasi pintar, yang ditanam sensor deteksi plat nomor kendaraan, yang akan terbuka sendiri
3. Lampu otomatis, yang dapat dijadwal kapan mati atau hidup
4. Kulkas pintar, yang dapat memberikan notifikasi ketika salah satu stok makanan mulai menipis
5. Sistem detiksi parkir mobil
6. Penyiram tanaman otomatis, yangdapat menyiram sesuai suhu panas, kelembaban tanah, dan struktur tanaman. dan masih banyaklagi

Lalu apasaja komponen-komponen dasar pada IOT, berikut beberapa komponen dasar pada IOT yang selalu digunakan pada setiap rangkayan perangkat. Banyak sekali komponen yang dapat diterapkan ketika akan membuat sebuah rangkayan IOT, tergantung perangkat apa yang akan dibuat. Namun ada 8 komponen yang wajib ada pada setiap rangkayan IOT diantaranya :
1. Aruino UNO atau Genuino UNO
 2. Tessel RFID MODULE
 3. Battery Clip

 5. Breadboard
 6. Servos
 7. Real Time Clock (RTC)
 8. Jumper
Tidak semua rangkaian IOT memerlukan 8 komponen tersebut, tergantung dari komponen apa yang akan dibuat. Namun jika komponen yang akan dibuat sangat kompleks maka pasti memerlukan 8 komponen tersebut.Sekian semoga bermanfaat.

Comments

Post a Comment